Login/Register

Banner1
Banner2

Kapan Saatnya Anak Mulai Berbicara ?

Thursday, Apr 26, 2018 | Post by faridah | 1 comment(s)

Kapan Saatnya Anak Mulai Berbicara ?

Tahukah anda, otak anak sejak semula dirancang untuk belajar bicara, karena bicara memang naluri manusia. Tapi selain itu, ada begitu banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membantu anak mengembangkan kemampuan bicaranya. Salah satu cara sederhananya, yaitu dengan mengajaknya bermain, mulai dari main cilukba sampai permainan-permainan lain untuk mengembangkan imajinasinya ketika ia sudah besar. Kegiatan sehari-hari saat mandi, berbelanja, dan berjalan-jalan ke taman juga bisa menjadi topik sarana belajar. Kegiatan itu bisa anda komentari dan semuanya akan memperkaya bahasa.
Membacakan cerita juga bagus, tapi bagi anak yang masih sangat kecil mungkin terlalu sulit, lebih baik anda mengomentari gambar-gambar. Dan tahukah anda, batita bisa lebih banyak belajar melalui kegiatan bicara dan bermain ketimbang program TV yang manapun – jadi, jangan minder dulu dengan kemampuan anda mengajarkan si kecil.
Belajar bicara merupakan salah satu tahap tumbuh kembang terpenting bagi si kecil dan juga merupakan sumber kecemasan besar bagi orang tua yang anaknya terlambat berbicara.
Bila anda merasa khawatir, anda dapat minta bantuan pada terapis bicara atau mengunjungi situs “Association of Speech and Language The rapist in Independent Practice” di www.helpwithtalking.org.
Tak dapat dipungkiri, setiap ibu tentu akan merasa cemas bila buah hatinya tampak tertinggal dari teman-temanya. Padahal sebenarnya, setiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda dalam segala hal.

Bagaimana melatih anak berbicara ? :
* Matikan televisi atau radio saat anda tengah bermain bersamanya.

*Berbicaralah dengan perlahan dan jelas sambil menatap langsung ke matanya.

*Gunakan kalimat-kalimat sederhana, berikan penekanan-penekanan pada kata-kata kunci.

*Gunakan gerakan dan kata-kata untuk membantunya memahami kalimat.

*Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang memancing jawaban lebih dari satu kata

*Beri ia waktu untuk merespon, ia mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan proses berpikirnya

Sumber : M&Bkid

Tags:

Leave Your Comment